Antara Visual dan Bangunan Yogyakarta

Hajatan seni tahunan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 30 kembali menghadirkan pertunjukkan modern Jogja Video Mapping Festival (JVMF).Mengambil lokasi di kawasan Malioboro dan titik Nol Kilometer, JVMF memberikan suguhan berupa visual menarik di malam hari. Tahun ini Jogja Video Mapping Project dan FKY bekerjasama menyuguhkan lebih dari sekadar project proyeksi pada bangunan, namun juga instalasi cahaya di sepanjang Jalan Malioboro dalam sebuah program JVMF. Dengan beberapa bangunan di sekitar malioboro yang di taburi cahaya projector.

Terdapat beberapa seniman video mapping yang ikut terlibat seperti. LZY Visual, Isha Hening, Lepas kendali Labs, Raphael Donny, Eaureca Indonesia dan masih banyak lagi. Serta adanya pameran cahaya dari Motion House, Luwky dan lainya yang menerangi gelapnya cahaya semakin membuat hangat suasana Yogyakarta di malam hari.

Tak kalah menariknya, uvisual menadapat kesempatan tersebut sebagai salah satu dari seniman papan atas lainya yang mengikuti acara JVMF ini, dengan membawakan tema budaya Sunda yakni wayang golek yang diapdukan dengan unsur modern. Uvisual mampu memukau para pengunjung yang menikmati sodoran visual tersebut di malam hari. Dengan cerita mahabarata Uvisual menghadirkan unsur budaya yang tak kalah menarik dari seniman lainya. Video Projection atau yang biasa disebut video mapping yang disuguhkan Uvisual ini merupakan sebuah teaser  dari serangkaian video mapping yang kedepannya akan di garap dibeberapa Gedung di kota Bandung khususnya. ini merupakan sebuah spoiler dari beberapa project yang akan Uvisual kerjakan kedepannya. (Farhan)